Jumat, 18 Maret 2011

PEMBELAJARAN VISUAL DAN AUDIO VISUAL


PEMBELAJARAN VISUAL
Yang dimaksud alat bantu visual yaitu gambar, model, objek atau alat – alat yang dipakai untuk menyajikan pengalaman konkrit melalui visualisasi kepada siswa dengan tujuan untuk:
  1. memperkenalkan, menyusun, memperkaya atau memperjelas konsep – konsep yang abstrak
  2. mengembangkan sikap yang diinginkan
  3. mendorong timbulnya kegiatan siswa lebih lanjut.
Alat Bantu visual umumnya di klasifikasikan mulai dari tingkat kekonkritan sampai dengan tingkat yang lebih abstrak, aliran pembelajaran visual yang di dasarkan pada konsep penggunaan bahan visual untuk membuat konkritkonsep abstrak yang di ajarkan

Pertama – tama aliran tersebut memperkenalkan gagasan untuk mengklasifikasikan jenis alat – alat bantu visual, dan tidak sekedar mendaftar saja. Kedua, menekanakan pentingnya pengintegrasian bahwa visual ke dalam kurikulum, dan bukannya dipakai secara terpisah – pisah.

Kelemahan aliran tersebut adalah karena hanya mengutamakan bahan itu sendiri, dan kurang memperhatikan desain, pengembangan, produksi, evaluasi dan pemngelolaan bahan itu. Kegiatan dianggap kurang penting karena perhatian dipusatkan kepada bahan itu sendiri. Kelemahan lain adalah adanya anggapan bahwa bahan visual merupakan alatbantu dan bukan merupakan suatu yang mampu membawakan unit pembelajaran sendiri. Dengan timbulnya rekaman suara dan film bersuara pembelajaran visual diperluas dengan menambahkan suara.







DARI PEMBELAJARAN VISUAL KE PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL
Ditinjau dari segi teknis, yang dimaksu dengan pembelajaran audio visual menunjuk pada beberapa macam perangkat keras yang dipakai guru untuk menyampaikan ide dan pengalaman melalui mata dan telinga. Perbedaan utam antara pembelajaran audio visual dengan teknik instruksional lainnya sekedar terletak pada masalah penekanan. Pembelajaran audio visual memberikan tekanan pada pengalaman konkrit atau non verbal dalam proses belajar, sedangkan teknik insruksional lainnya pada pengalaman verbal dan simbolis.

Peralatan dan bahan audio visual  jangan diklasifikasikan secara khusus sebagai sesuatu yang memberikan pengalaman melalui mata dan telinga,melainkan sebagai teknologi modern yang menyajikan pengalaman kongkrit dan kaya kepada siswa. Sekalipun pembelajaran audio visual menambahkan komponen audio kedalam aliran pembelajaran visual,namun penembahan konseptual hanya sedikit.

Aliran pembelajaran audio visual juga masih mengandung kelemahan yang terdapat pada aliran yang mendasarinya,yaitu lebih menaruh perhatian kepada bahan daripada proses pengembangan bahan itu,dan tetap memandang bahan audio visual sebagai alat Bantu guru dalam pengajaran.

DARI PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL KE TEORI KOMUNIKASI
Pendekatan yang lebih bermanfaat untuk memahami dan meningkatkan evisiensi dalam bidang audio visual tampaknya terletak pada teori komunikasi. Orientsi teknologi pendidikan pada komunikasi, mengubah kerangka teori bidang itu. Perhatian tidak lagi dipusatkan kepada benda – benda dalam bidang itu, melainkan kepada seluruh proses komunikasi informasi mulai dari sumber (baik guru maupun bahan) sampai ke penerima atau sasaran (si-belajar)

Untuk dapat menngambarkan seluruh proses ini, orientasi komunikasi menambahkan konsep kedua yang da[pat diterapkan pada definisi yang berlaku sekarang, yaitu pemanfaatan model yang dinamis. Diantara model – model proses komunikasi yang dikembangkan, model S-M-C-R merupakan model yang paling sederhana dan paling bermanfaat dalam menghasilkan konsep – konsep yang berhubungan dengan teknologi pendidikan.

Ditinjau dari segi komonikasi, si-belajar (penerima) dan guru atau bahan (sumber) menjadi bagian integral dari teknologi pendidikan. Kedua unsure tersebut tidak dipandang sebagai suatu yang ada diluar bidang teknologi pendidikan. Kelima macam indera dianggap sebagai bagian dari proses komunikasi, suatu konsep yang lebih menyeluruh daripada pengalaman mata dan telinga dalam aliran audiovisual. Sementara transisi dari pembelajaran audiovisual ke komunikasi berlangsung, secara parallel berlangsung pula transisi lain yang terpisah namun ada kaitannya.

DARI PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL KE KONSEP SISTEM AWAL
Suatu system dapat didefinisikan sebagai rangkaian komponen – komponen yang mempunyai tujuan sama. Arti  penting dari system adalah pengertian adanya:
  1. komponen – komponen dalam system
  2. integrasi komponen – komponen
  3. peningkatan efisiensi system.

Konsep system dalam teknologi pendidikan meganggap system sebagai produk, tetapi bukan sebagai yang terpisah – pisah seperti pada konsepsi bahan audiovisual, melainkan sebagai produk yang lengkap, tersusun dan terintegrasi sedemikian rupa hingga memungkinkan terjadinya pembelajaran secara lengkap. Proses intruksional dapat dipecah – pecah menjadi unsure – unsure:
  1. teknik penyajian untuk massa
  2. pengajaran individual yang berlangsung dengan mesin
  3. interaksi manusia
  4. belajar individual
  5. masa –masa kreatif

Konsep system awal dari teknologi pendidikan telah memperkenalkan beberapa konsep baru yang penting dalam bidang yang bersangkutan. Pertama, ditegaskan bahwa unit dasar atau produk bidang tersebut bukanlah bahan yang terpisah – pisah melainkan system intruksional yang lengkap. Konsep kedua yang ada hubungannya, memandang masing – masing bahan sebagai komponen system, dan bukan sesuatu alat bantu guru yang terpisah – pisah. Ketiga, konsep ini menunjukkan bahwa system instruksional berlangsung karena adanya suatu alasan. Oleh karena itu dalam system intruksional bahan perlu dirancang sebagai komponen untuk digunakan secara sistematik, dalam situasi intruksional tertentu.

KOMUNIKASI AUDIOVISUAL: PERPADUAN KOMUNIKASI DAN KONSEP SISTEM  AWAL
Komunikasi audiovisual ialah cabang teori dan praktek pendidikan khusus yang berkepentingan dengan rancangan dan pemanfaatan pesan yang mengendalikan proses belajar. Komunikasi audiovisual melaksanakan:
  1. penelitian tentang keunikan dan kelebihan relative dari pesan – pesan yang menggunakan gambar dan yang non representative, yang dapat digunakan untuk segala tujuan dalam proses belajar
  2. penyusunana dan pengaturan pesan oleh orang dan instrument dalam lingkungan pendidikan.

Komponen – komponen dalam suatu system diklasifikasikan menurut jenisnya, dan bukan sekedar mendaftar masing – masing komponen tersendiri. Pesan itu sendiri merupakan komponen yang penting, yang harus dimasukkan kedalam desain komunikasi audiovisual dan orang dan bahan harus pula disertakan sebagai komponen system.

Adapun kelemahan yang paling penting terletak pada tingkat konsepsi yang mendasar. Definisi ini mengandung awal konsep system sebagai proses atau pendekatan system. Hal ini tamapak dengan adanya dua masalah dalam definisi. Pertama, model yang menawarkan unsure – unsure system dan menggabungkannya dengan model komunikasi, serta menunjukan fungsi personel dalam kawasan yang diperlukan untuk melaksanakan model. Kedua, tidak semua unsure dalam pendekatan system dimasukkan sebagai bagian dari desain sub-sistem komunikasi audiovisual.

SINEMATOGRAFI DAN PENGEMBANGAN MEDIA TV


Pengertian dari TV, itu berubah-ubah contohnya ipod yang mempunyai  sebuah perlengkapan yang di lengkapi dengan waktu yang pendek  jika menaruh sabuah video dalam ipod tersebut maka dapat di katakan sebagai sebuah TV. Jadi dapat di simpulkan secara sederhana  bahawa TV adalah pertumbuhan secara actual ke alat-alat yang lain itu karena dari programnya, kualitasnya, dan jalan ceritanya semua itu di hubungkan dengan pengrograman TV. TV bukanlah kotak tapi programnya yang di letakkan dalam sebuah kotak.

SEBUAH GAMBARAN PRODUKSI TV
Istilah-istilah :
1.      DVE          : video digital yang mempunyai efek  perlengkapan. Bekerja dengan lokomotif pelangsing yang di gunakan untuk menulis efek special antara gambar dan video sebuah DVE bisa juga di tujukan untuk efek pasti
2.       Linear Editing : pengkopian atau pengisian suara segmen dari pita induk ke pita yang lain dalam rangkaian suatu perintah
3.      Non Linear Editing : proses dalam perekaman video yang di kopi ke dalam sebuah computer kemudian ukuran panjangnya bisa di susun dan menyusun kembali efek-efek special dan grafik yang bisa di tambah dan audio yang bisa di setel menggunakan pengeditan software
4.      Prosumer equipment : prosumer equipment kadang di kenal sebagai perlengkapan yang berhubungan dengan industry yaitu sebuah penguat kecil yang kadang-kadang memperkerjakan beberapa cirri professional (seperti lensa yang dapat di tukar pada sebuah kamera) tapi masih mempunyai cirri otomatis yang meliputi perlengkapan konsumen.
5.      Switcher : di gunakan untuk mengatur tombol antara video input
6.      Telepromter : sebuah alat perlengkapan dari computer yang menghubungkan teks ke dalam sebuah kepingan dari bayangan kaca dari lensa kamera di desain untuk menunjukkan bakat dangan membaca sebuah naskah di depan kamera.



DASAR DARI PRODUKSI TV
1.      Pemproduksi TV
Meskipun media TV telah berpengalaman mentransfer/mengatasi perubahan teknikal dalam beberapa tahun yang lalu hal itu sangat penting untuk mengingat bahwa hal itu sebgai kunci dari sebuah TV yang hebat yang masih bisa di ceritakan sebagai petlengkapan yang telah di susun dan mudah di sesuaikan. Teknik produksi juga mempunyai susunan agar bisa mengambil keuntungan dari saingan baru.
Satu dari dasar yang benar tentang fotograpi,Tv, film adalah bahwa kamera selalu menipu. Tampilan dari kamera tersebut layak di asumsikan/dikatakan bahwa kamu mempunyai kamera dengan bagian sederhana dan pengeras suara pada latar, tapi seperti yang telah di lihat dalam mempraktekkan kamera dan pengras suara saling berhubhungan dengan perubahan dari bentuk kenyataan/bertolak belakang dari kenyataan dalam kamera dapat di anggap berbeda antara apa yang terjadi, apa yang penonton lihat dan apa yang mereka pikirkan satrelah meihat.
2.      Having the edge ( mempunyai kemampuan)
Alat-alat perlengkapan sering kali meminta penggunanya untuk mengerti bagaimana cara untuk mengoperasikan secara efektive. Beberapa pekerjaan pada produksi TV seperti kru kamera, audio, pencahayaan, pengoperasian videotape dan pengeditan semuanya di tangani oleh ahli di bidangnya
3.      Organization
Format director mempengaruhi beberapa factor di antaranya adalah
a.       Apakah produksi tersebut mengambil tempat dalam sebuah studio atau lokasi
b.      Apakah tindakan/actionnya bisa di ulang/mengkoreksi kesalahan
c.       Banyaknya batasan-batasan yang harus di bayar untuk kekurangan waktu, terbatasnya alat perlengkapan masalah jarak dll
d.      Bagaimana directornya memutuskan untuk menyuting/ mengambil tindakan(sudut pandang kamera mengubah sorotan, dll)
e.       Apakah disana ada penonton.

4.      Planning and performance( perencanaan dan tampilan )
Director harus mengerti/mengetahui kejadian-kejadian seperti apa yang akan terjadi berikutnya dimana orang-orang berdiri dan apa yang mereka lakukan, perpindahan mereka katakan dsb. Hasil kualitas dari tindakan/acting dan cara kamera atau rencana yang di tujukan untuk kedepannya, dalam pemproduksian biasanya di butuhkan tampilan dan kruw yang bekerja sesuai dengan aturan produksi yaitu yang di dasarkan pada script dan juga produksi dalam drama. Aktornya tidak hanya bisa mengingatkan semua dialog pada semua kata tapi juga acting/pergerakan mereka harus di latih sebelum sebelum shuting yang sebenarnya di mulai. Selain itu juga talenta dari actor juga memperngaruhi tampilan sebuah cerita.
5.      Shooting the action (menyuting tindakan)
Ada beberapa langkah dalm menyuting tindakan
a.       Prosesnya berlanjut merekan semua yang terjadi
b.      Membagi beberapa action total ke dalam beberapa series dari urutan perekaman
c.       Menganalisa setiap urutan tindakan
GAMERAS
            Jarak kamera dari jaringan kamera yang besar dengan lensa yang besar untuk desain yang kecil akan di adaptasikan untuk bidan dan penggunaan studio. Beberapa kamera digital yang baru mempunyai kapasitas dari ukuran video pangambilan HD
VIDEO RECORDING (perekam video)
            Gambar dan bunyi biasanya di gambar pada pita magnet, hard drive, disk atau flash memory perekam video rangkaian :
a.       Di gabungkan ke dalam unit kamera yang actual
b.      Di hubungkan ke kamera dengan kabel/radio
c.       Pusat tingkat perekam video





ADDITIONAL IMAGE SOURCES (penambahan sumber gambar)
            Penambahan sumber gambar grafik, animasi, effect dari video digitar dan gambar dari sumber lainnya mungkin dimasukkan kedalam program selama produksi/penambahan untuk di akhir perekaman selama sesi pengeditan.
PROGRAM SOUND (bunyi program)
            Sebuah microphone akan di  jepitkan ke pakaian pembicara untuk menghandle atau mengambil bunyi bunyi yang keras. Music, efek bunyi, komentar dan bisa di mainkan kedalam program soundtrack selama sesi pemutaran tape.
LIGHTING (pencahayaan)
            Pencahayaan bisa berpengaruh kepada kesuksesan presentasiteknik pencahayaan harus hati-hati melakukan percampuran intensitas dan tekstur (kekuatan cahaya atau oenebaran cahaya) dengan selektif mengatur cahaya yang akan digunakan ke subjek
SETS AND SCENID DESIGN (kumpulan dan desain yang indah)
            Desain yang indah di tulis dengan ambisi yang khusus untuk sebuah program, latar yang meliputi lokasi yang ada bagian yang di bangun untuk program kumpulan yang bagus bisa di gunakan untuk membersihkan atau menirukan sebuah lingkungan
MAKE UP AND COSTUME (tata arias dan pekaian)
            Dalam produksi besar di butuhkan orang yang spesualis tapi dalam produksinyang kecil biasanya yang mereapon masalah tatarias dan pakaian adalah asisten produksi
EDITING (pengeditan)
            Disini ada dua macam pengeditan :
a.       Pengeditan langsung
Langsung ke tampilan yang actual seorang director atau vision mixer memotong sumber video (camera mulitape, grafik) menggunakan yang mengatur tombol/sesorang yang mengcut cerita.

b.      Pengeditan setelah produksi
Muncul setelah semua bahan program (video, audio, dan grafik) telah disusun. Memilih syutingan/segmen-segmen kemudian di tempatkan bersama didalam suatu kecocokan untuk di tulis di program akhir
Ada 2 dasar system yang digunakan dalam pengeditan setelah produksi :
1.      Dalam garis pita pengeditan, bagian-bagian khusus dari ukuran penjang pita sebenranya telah di tentukankemudian di copy dari suatu tempat pita ketempat pita yang lain  ke bentuk pita induk
2.      Dalam luar garis pita pengeditan, bagian-bagian dari ukuran panjangnya selalu di kopi kedalam perangkat keras pengeditan komputeryang berguna untuk menyediakan cadangan/duplicatenya
POST PRODUCTION (program audio)
            Setelah memproduksi audio dalam penambahan, suara asli dari tindakan /pelaku, pe,produksi boleh mengikutkan music efek bunyi dan narasi yang di terima dari berbagai sumber. Sebagai pengeditan gambar audio mungkin diseleksi dan di gabung selama pemproduksian sebenarnya secara alternative soundtrack terakhir mungkin di bangun selama sesi setelah pemproduksian
AUDIENCE  IMPACT (pengaruh penonton)
            Penonton tidak selelu banyak memberikan fikiran/masukan tentang apakah program yang mereka tonton itu adalah film yang sebenarnya, video/TV yang di tulis atau sesuatu yang di gabungkan dari media-media ini penonton hanya focus pada keefektifan bahan/materialnya apakah itu film tersebut mengambil perhatian mereka, apakah filmnya menarik, lucu, menghibur dll.
TV/AUDIO. Atau FILM
            Keterlibatan dalam produksi Tv, Video, film akan menemukan prinsif pembuatan program dan alat perlengkapan bisa sama, bebrapa cara untuk menyamarkan :
a.       TV selalu di tujukan untuk bagian penyiar yang program di distribusikan melalui perpindahan tempat, kabel, atau satelit ke penonton
b.      Program pembuatan video biasanya ditujukan pada bukan penyiar produksi program TV seperti home video dan media hokum
c.       Film merupakan projek yang di ambil dengan sulit, fil biasanya di tunjukan denga layar yang lebar, film juga menggunkan video hamper sama dengan sebuah ceritaatau documenter.
TV ORGANIZATIONS
            Secara sederhana hanya organisasi-organisasi yang bisa memindahkan jaringan/satelit program TV jaringan-jaringannya biasanya terbatas pada suatu Negara di dalam beberpa studio TV krunya hanya boleh di keduanyanya di dalam dan diluar dari bidang penyiaran, pengoperasian jaringan akan dibantu/di dukung oleh berbagai fasilitas
1.   The equipment is always changing( alat perlengkapan yang selalu berubah)
Kadang kita tidak nyaman dengan perubahan itu tetapi sebaiknya ada lat perlengkapan selalu terjaga kualitasnya atau berkembang sesuai zaman, buruknya adalah harapan penonton dengan penambahan alat perlengkapan tersebut
2.      Todays equipment
Dalam siaran perlengkapan yang di gunakan untuk TV/program video di buat kedalam 3 kategori :
a.       Perlengkapan untuk konsumen
Alat perlengkapan untuk konsumen di tujukan dengan maksud sebagai hoby/digunakan untuk keluaraga perlengkapan ini biasanya di buat secara otomatis contohnya camera HD untuk konsumen biasanya sedikit agak mahal
b.      Prosumer equipment
Perlengkapan prosumer atau perlengkapan industry seperti kamera dengan lensa yang dapat diganti yang di gunkan oleh orang yang professional
c.       Professional equipment
Alat perlengkapan yang telah professional/canggih biasanya di desain dengan kuat karena digunakan setiap hari , yang meliputi komponen dengan kualitas yang tinggi
THE PRODUCTION TEAM (kelompok pemproduksian)
            Director yang baik akan mengizinkan masalah praktiknya di atur oleh seoarang pendesain, pendesain menyusun/mengatur tempat atau latar untuk membantu director menerima pencahayaan dan lebih efektif. Director pencahayaan juga membutuhkan makeup/tatrias artis ketika bekerja dalam sebuah team kamu harus siap terlepas dari tujuan perorangan atau masalah-masalah.
THE HIDDEN FACTORS OF PRODUCTION ( factor yang tersembunyi dalam produksi)
            Adapun beberapa factor yang mempengaruhi sebagai berikut :
a.       Program dana
b.      Jumlah alokasi waktu untuk latihan da perekaman
c.       Jarak studio yang tersedia
d.       Tipe perlengkapan yang dapat di beli dan itu fleksibel
e.       Ukuran dan pengalaman tim produksi
f.       Fasilitas yang mendukung
THE DAILY ROUTINE ( runtinitas sehari-hari)
            Runtinitas sehari-hari tidak tentu jadwalnya bisa sibuk dan juga bisa tidak sibuk
THE PRESSURES OF PRODUCTION (tekanan pada produksi)
            Tekanan pada pemproduksian seperti bebrapa biaya yang akan digunakan, tempat/lokasinya, apa yang terjadi pada jadwal yang sangat padat pakah alat dan perlengkapannya sudah ada.
KEEP THE AUDIENCE IN MIND (menjaga respon penonton)
            Respon penonton akan terlihat pertama kali penayangan dan tegas tim produksi akan menjaga perhatian oenonton.
a.       Pendesain: menjaga keindahan tempat
b.      Director pencahayaan : sibuk mengatur bayangan
c.       Orang yang mengatur audio tidakakan berisik meskipun kondisi diluar berisik tapi akan terlihat/terdengar dengan tenang.
d.      Tatarias yang akan selalu menyeka keringat artis/selalu di rias
e.       Pendesain costume : menyediakan kostum
f.       Operator video : mencocokkan gambar dengan warnanya
g.      Producer : membiayai jadwal yang padat/membiayai pemproduksian.
Kru Produksi
            kru produksi televisi gretly berbeda dalam ukuran. Yhere bukan "sempurna" ukuran untuk semua ukuran yang tepat crews.The untuk sebuah proyek tergantung pada jenis proyek yang Anda bekerja pada preferensi dan sutradara.
Di salah satu ujung skala, ada direksi yang memulai ide program, menulis naskah, dan bahkan Pra yang Setings. Mereka pemain dan melatih para pemain, panduan tim produksi, dan, setelah mencatat menunjukkan, kontrol pasca-produksi itu. awak kecil telah menjadi lebih umum dengan pengenalan peralatan yang lebih potrable dan terjangkau.
Jenis kru produksi sangat populer dengan dokumenter dan produksi rendah-anggaran
Pada ujung lain skala, ada yang besar-anggaran produksi dengan awak besar, di mana direktur sangat bergantung pada tim produksi untuk memberikan kepadanya dengan menetapkan kualitas, pencahayaan, suara, dan bekerja kamera. Direktur kemudian dapat berkonsentrasi pada bakat memimpin dan seleksi ditembak. Drama produksi secara tradisional menggunakan awak besar (Gambar 2.2).
Tipe lain dari kru termasuk sutradara ke dalam peran penyajian. Pada proyek-proyek yang dijalankan oleh kru ini, sejumlah cerita yang terpisah atau segmen secara independen disusun
oleh anggota staf produksi. Sutradara kemudian bertanggung jawab untuk memvisualisasikan perawatan produksi yang akan mengkoordinasikan berbagai kontribusi. Situasi seperti ini terjadi dalam program banyak majalah, siaran, dan sekarang program urusan. Jelas, dalam jenis produksi, anggota kru selain direktur memiliki dampak signifikan pada berbagai komponen program. Adalah tempat untuk semua tingkat keahlian dalam spektrum yang luas produksi televisi. Seperti craftpeople lainnya, anggota kru menjadi terampil di bidang khusus mereka. Seseorang yang bakat terletak dalam produksi drama mungkin akan kekurangan tepi-intuisi-kursi direktur olahraga agood kemampuan hampir peramal untuk mengantisipasi tindakan dan mengambil peluang ditembak spontan. Di sisi lain, seseorang yang mengkhususkan diri dalam olahraga mungkin akan hilang di dunia te drama, di mana sutradara, dengan telaten perencanaan ditembak-by-shot, panduan depelops kinerja dan dampak yang dramatis. Dan ketika prsenting orkestra simfoni, orang perlu keterampilan yang jauh dari mereka yang terlibat dalam penembakan dokumenter lokasi
Untuk produksi yang lebih kecil, sutradara bisa menggabungkan fuctionss baik dirctor dan produser Setelah mengalokasikan anggaran kerja, orang yang dalam peran ganda bertanggung jawab atas seluruh bisnis dan artistik pengaturan-originasi, interpretasi, casting, pementasan, dan pengobatan selanjutnya memimpin operasi studio dan editing pascaproduksi. Lebih sering, produsen berfungsi sebagai kepala usaha produksi dan dengan demikian bertanggung jawab atas orgazination, keuangan, dan kebijakan, melayani sebagai koordinator artistik dan bisnis untuk beberapa direktur. Sebagai produksi telah menjadi increasinglycostly dan lebih rumit, beban kerja perlu speread keluar. Sutradara kemudian bebas untuk berkonsentrasi pada interpretasi program, serta pementasan dan arah subyek yang disajikan. The bettwen benang merah semua jenis produksi yang berbeda adalah direktur yang bertanggung jawab untuk menceritakan cerita, apakah iti adalah acara dramatis atau produksi olahraga. Sebuah Pengetahuan tentang stroytelling visual adalah penting 

Anggota Crew Produksi
            Meskipun (seperti mentoined sebelumnya) uraian tugas awak anggota dapat bervariasi dari perusahaan ke perusahaan, bagian ini memberikan beberapa deskripsi yang paling umum. Harap dicatat bahwa beberapa tanggung jawab berbeda antara berbagai jenis pemrograman, perusahaan yang berbeda, dan negara yang berbeda. Sebagai contoh, produsen dalam produksi dramatis berbeda dari peran produsen dalam olahraga.
EKSEKUTIF PRODUSEN
            Produser eksekutif, bertanggung jawab untuk organisasi secara keseluruhan dan administrasi dari kelompok produksi. Dia bijih dia mengendalikan dan mengkoordinasikan pengelolaan bisnis, termasuk negosiasi kanan, anggaran program, dan siapa yang menyewa, dan kadang-kadang mungkin terlibat dalam keputusan kreatif utama dan atau terkait dengan isu-isu yang lebih luas seperti pendanaan, dukungan, dan pengaturan produksi bersama.

PRODUSEN
            Produsen umumnya bertanggung jawab atas pengelolaan produksi tertentu. Biasanya, produsen berkaitan dengan pemilihan staf pengawasan dan kru, koordinasi antardepartemen, penerimaan scrift, dan penjadwalan produksi. Produsen dapat memilih atau memulai conceps program dan bekerja dengan penulis. Dia atau dia dapat menugaskan direktur produksi, dan bertanggung jawab untuk memenuhi tenggat waktu, perencanaan produksi, lokasi proyek, latihan, perawatan produksi, dan sebagainya. Produser juga dapat menjadi terlibat dalam masalah-masalah spesifik seperti kerajinan atau serikat, menilai perlakuan pascaproduksi, dan format program akhir. Produsen laporan kepada produser eksekutif (Figur 2.5)

ASISTEN PRODUSEN / PRODUSEN ASOSIASI
            Produsen asisten atau associate producer bertanggung jawab untuk membantu produsen. Nya atau responsiblelities nya, yang diberikan oleh produsen, mungkin termasuk koordinasi janji dan jadwal produksi, memastikan bahwa kontrak selesai, pemesanan tamu, menciptakan paket-paket, dan mengawasi pascaproduksi. Orang ini dapat diberikan beberapa TANGGUNG JAWAB sama direktur perusahaan asosiasi. . AP laporan kepada produsen.
DIREKTUR
            Ultimetely, direktur adalah individu yang bertanggung jawab untuk kreatif memvisualisasikan naskah atau peristiwa. Direktur harus mampu effecttively mengkomunikasikan visi mereka untuk kru. Mereka juga harus dapat bilders tim, bergerak awak menuju visi. Peran ini melibatkan menasihati, membimbing, dan mengkoordinasikan berbagai anggota tim produksi (indah, pencahayaan, suara, kamera, costum, dan seterusnya 0 sebuah apporving pengobatan diantisipasi mereka. Sutradara dapat memilih dan menyewa penyanyi / bakat / aktor (casting ), membayangkan dan merencanakan pengobatan kamera (tembakan dan gerakan kamera) dan editing, dan mengarahkan / melatih porformers selama prerehearsals (Figur 2.6).
ASISTEN DIREKTUR / DIRECTOR ASOSIASI
            Direktur asisten pengawasan prerehearsals, orgazintion lokasi, dan peristiwa serupa atas nama direktur. Selama latihan dan produksi aktual, AD umumnya di ruang kontrol produksi dan mungkin bertanggung jawab untuk berbaris gambar, grafik, dan kaset, sehingga mereka siap untuk isyarat direktur. Ia atau dia mungkin juga bertanggung jawab untuk memeriksa pada gambar khusus (seperti chroma-key). Memberikan isyarat rutin (menyisipkan pita), dan seterusnya, sedangkan panduan sutradara porformance aktual dan kamera. AD juga menyarankan direktur isyarat yang akan datang dan dapat membantu dalam editing off-line (timing dan mengedit poin). Orang ini dapat diberikan beberapa tanggung jawab yang sama dari produsen asosiasi. AD laporan kepada direktur, atau kadang ke produsen.

ASISTEN PRODUKSI
            Asisten produksi (PA) membantu direktur dan / atau produccer dengan kebutuhan produksi. Ini mungkin termasuk mengawasi kantor produksi (membuat salinan, membuat kopi, dan menjalankan tugas), prerehearsals, dan lokasi organisasi tanggung jawab mereka mungkin juga termasuk logging kaset, mencatat selama pertemuan produksi, dan tugas serupa. Selama latihan dan rekaman, orang ini dapat membantu produsen / sutradara dengan grafis pada berfungsi sebagai manajer lantai.
PRODUSEN'S ASSISTANT
            Asisten produsen biasanya bekerja dengan peran director. mungkin sangat dekat dengan tanggung jawab PA. Dia atau dia mungkin ditugaskan untuk berbaris tembakan, insert prepere, dan seterusnya, sedangkan panduan direktur kinerja dan awak kamera. Dia mungkin juga siap direktur, kru, dan dicatat / pemain tentang isyarat yang akan datang. Direktur dapat menugaskan asisten produser untuk mencatat durasi / waktu kode setiap mengambil dan menyimpan catatan sang sutradara mengenai perubahan yang akan dibuat dan merebut kembali.
FLOOR MANAGER / MANAJER TAHAP
            Manajer lantai (FM0 mnager tahap (SM) merupakan perwakilan utama direktur dan kontak pada studio stan siaran (lihat Gambar 2.6), atau di bidang bermain yhe FM mungkin. Digunakan untuk pemain isyarat dan mengarahkan para awak lantai. di studio, FM bertanggung jawab atas orgazination studio umum, keselamatan, disiplin (misalnya, pengendalian kebisingan.), dan keamanan. AN lantai asisten manajer dapat digunakan untuk memastikan bahwa bakat hadir. Laporan FM kepada produsen atau direktur (Angka 2.7 dan 2.8).

MANAGER PRODUKSI / PRODUSEN LINE
            Manajer produksi bertanggung jawab kepada produser dan sutradara untuk menjaga produksi dalam anggaran yang dialokasikan. Dia atau dia juga dapat melayani dalam fungsi fungsi administrasi relatif terhadap produksi.


DIREKTUR TEKNIS / MIXER VISI
            Direktur teknis (TD) umumnya duduk di sebelah direktur di ruang kontrol dan bertanggung jawab untuk operasi produksi televisi switcher (dan perhps untuk efek elektronik). The TD juga dapat berfungsi sebagai kepala awak. Dia atau dia laporan kepada direktur 

MAKEUP ARTIST / SUPERVISOR MAKEUP
            Desain makeup artist, mempersiapkan, dan berlaku make-up untuk Tallent tersebut, dibantu oleh assisrants makeup dan penata rambut. supervisor ini merespon umum untuk makeup artist ganda, konsistensi toensure (Gambar 2.10).
Costum
GRAPHICS DESIGNER / GAMBAR SENIMAN
            Desainer grafis bertanggung jawab untuk desain dan penyusunan graphichs sebagai seri menunjukkan atau hanya di acara individu
GRAPICH OPERATOR
            Operator grapich adalah orang yang benar-benar impelemts yang grapichs selama produksi. Ia responbile untuk mengatur dan mengetik teks pada layar dan judul untuk produksi, baik melakukan hal itu selama produksi pada menyimpannya untuk digunakan. Operator juga dapat berfungsi sebagai desainer / seniman
LIGHTING DIREKTUR
            Direktur pencahayaan bertanggung jawab untuk merancang, mengatur, Anad mengendalikan semua perlakuan pencahayaan, baik secara teknis dan artiscally. merespon ini mungkin termasuk dalam dan / atau luar ruangan situatoin pencahayaan
VIDEO OPERATOR / Shader / PENGENDALIAN VISI / VIDEO TECHNICIAN / ENGINEER VIDEO
            Operator video bertanggung jawab untuk mengontrol kualitas gambar dengan menggunakan peralatan pengujian untuk menyesuaikan equpment video. Ada avariety dari penyesuaian yang dapat dibuat, termasuk paparan, tingkat hitam, dan keseimbangan warna. Operasi dikoordinasikan dengan direktur pencahayaan
FASILITAS PRODUKSI TELEVISI
multikamera produksi, ruang kendali. jika semua datang bersama-sama, direktur harus siapkan untuk apapun diantaranya :
Kutub: Suatu kutub yang digunakan untuk melihat suatu pokok dengan menggunakan mikropon
kamera mengendalikan unit( CCU): Peralatan yang mengendalikan kamera dari posisi manapun adalah remote. CCU meliputi yang menyesuaikan kamera itu. adalah Seri_an, ralat warna, lobang bidik kamera, dan seterusnya
chroma-key: pemanfaatan suatu produksi tombol, direktur dapat menggantikan suatu warna spesific ( pada umumnya warna biru atau hijau) dengan sumber santir yang lain ( masih gambaran video, material yang direkam sebelumnya, dan seterusnya)
ruang kendali: ruang kendali studio televisi, yang dikenal sebagai suatu galeri, adalah direktur coltrols produksi. peralatan ruang kendali diantaranya video dan audio monitor, komunikasi antar bagian, dan suatu tombol.
DVE    :efek vidio digital pada  peralatan, terkombinasi dengan tombol, digunakan untuk menciptakan efek khusus transisi antara gambaran video. Suatu DVE dapat juga mengacu pada efek yang nyata sebagai ganti peralatan
Sepatu rumit rata : tempat background yang di_set panel
Komunikasi Antar Bagian: Suatu komunikasi tanpa kawat atau wired menghubungkan antara anggota produksi anak kapal
Pra Pertunjukan Memonitor: Suatu vidio memonitor, yang menempatkan dalam kendali dinding ruang monitor, yang digunakan oleh direktur ke pertujukan video sebelum  terus melambung
Program Monitor: yang dikenal juga sebagai " terpasang-udara “monitor yang  menunjukkan program yang nyata yang sedang disiarkan atau direkam
 Truk Remote( juga dikenal sebagai penyiaran di luar atau OB van): Suatu kendali televisi gesit sedang disiarkan atau direkam
Sitcom: Suatu program televisi komedi
Studio:  Suatu area yang dirancang menangani berbagai produksi, suatu ruang; terbuka lebar-lebar untuk cahaya dilengkapi dengan, bunyi; control serasi, dan perlindungan dari dampak cuaca
Tombol( Visi Mixer): Suatu alat tombol antara video masuk ( kamera, grafik, pemain video dan seterusnya
Hari ini, seseorang dengan suatu handheld camcorder dan suatu komputer yang sangat rendah hati tidak dapat menghasilkan hasil yang lama. yang akan memerlukan kombinasi suatu regu produksi besar dan banyak peralatan Sekarang ini, kamera televisi bebas untuk membidik hampir di mana-mana. pendengar telah datang untuk menerima dan harapkan fleksibilitas kamera itu. Apakah gambar-an yang sedang mereka saksikan adalah dari suatu kamera di dalam studio atau dari luar angkasa, menutup rapat-rapat ditembak dari suatu mikroskop atau dari" critter kamera" yang dihubungkan dengan suatu segel berenang, atau ditembak menggentarkan dari suatu kamera helmet skydiver's, saluran yang berbeda ini adalah semua biji padian giling untuk penggilingan yang tak ada akhirnya. Yang memprogram, dan mereka diterima sebagai " normal "
METODA PRODUKSI
 cara untuk mekembangkan suatu produksi tergantung pada sejumlah faktor:   
  • Apakah pertunjukan adalah hidup ( yang sedang dilihat oleh penonton karena itu adanya terjadi), atau apakah kamu  sedang merekam tindakan untuk mengedit berikutnya dan postproduksi  perawatan
  • Apakah kamu sudah memilih untuk merekam  dengan memilih: di dalam order pesanan di mana tindakan akan dilihat, atau di dalam suatu order;pesanan yang diatur untuk disesuaikan dengan mekanik produksi.
  • Apakah kamu bisa mengendalikan dan mengarahkan tindakan pada saat kamu  sedang menembak, atau apakah kamu boleh;berkewajiban untuk merebut suatu tembakan di mana saja kamu mampu
Sebagai fasilitas baru telah dikembangkan atau mendirikan; dan metoda program yang diciptakan yang mapan sudah tumbuh. dimana mungkin, produksi direkam, dan sudah datang untuk mempercayakan semakin banyak pada atas [pos/tonggak]- teknik mengedit produksi- penggunaan bermacam-macam efek digital untuk tingkatkan pendengar  Seperti anda akan lihat, walaupun banyak situasi melibatkan sedikit/kecil lebih dari menswitch  tidak diperumit antara ditembak, di pihak lain proses pengeditan yang menentukan bagaimana ditembak terpilih dan diatur- menjadi suatu seni yang sulit dipisahkan
 Semua produksi televisi mengenal baik  suatu hal yang umum- ketrampilan yang spesifik memerlukan anak kapal dan direktur dapat bertukar-tukar dengan sangat dengan jenis pertunjukan yang sedang diproduksi mengikuti suatu rencana yang telah disiapkan, dan orang lain berat mempercayakan pada keputusan spontan. mari kita memperhatikan beberapa contoh:
Mewawancarai dan pertunjukan pembicaraan.
pendenkatan di sini tak bisa diacuhkan sedikit banyaknya standar, dengan konsentrasi bagi orang-orang apa  harus dan bagaimana mereka bereaksi.( lihat figur 3.1 dan 3.8)
Siaran warta berita.
Kebanyakan program kabar mengikuti suatu format serupa" tinggal- terpasang-udara" di dalam  studio, penyiar warta berita menyajikan kabar yang mendudukkan di belakang suatu centeral meja tulis, membaca dari  teleprompters dan  memperkenalkan cerita dari berbagai  sumber- produksi pekat, mempertahankan hidup- lokasi wartawan, foto perpustakaan, grafik, dan seterusnya. di sana juga mungkin ada wawancara ringkas, yang mana di dalam studio atau via suatu peristiwa; pemandangan pajangan, terutama sekali untuk akhir cerita. regu yang dikoordinasi secara terus menerus menaksir dan mengedit material berikutnya, menyiapkan komentar, dan grafik dan ilustrasi pengumpulan( lihat figur 3.2)
sports program:
masing-masing jenis permainan atau olahraga menyikapi permasalahan yang spesifik untuk direktur itu. tembak menembak kondisi-kondisi dengan sangat. Pada atas tangan orang secara relative dilokalisir tindakan menyangkut bantalan cincin. pada order pesanan menjadi surut- dan- mengalir tindakan yang menyangkut etika sepak bola.mempresentasikan yang lebar/luas suatu turnamen golf, pelari marathon dalam suatu lomba, atau suatu lomba sepeda,kamera akan mengikuti bersama dengan tindakan atau tunas dari teampat yang menguntungkn? terkadang, beberapa peristiwa berbeda tempat yang secara serempak. dapat dicakup mereka secara efektif terpasang- udara atau akan segmen selektip ditunjukkan pada suatu basis? pada setiap kasus, tujuan direktur akan selalu" pada tempat dan waktu yang tepat." Selagi sedangmenyampaikan suatu pengertian kesinambungan, kamera harus tidak hanya menangkap atau menyoroti, tetapi siap untuk merekam yang tak diduga. lambat- pengulangan gerakan membantu komentator dan audince meneliti tindakan( lihat figur 3.3)
komedi.
kebanyakan pertunjukan komedi mengikuti yang dikenal umumnya " realistis" sitrom format ( lihat gambar 3.4
musik dan tarian
 produksi dapat terbentang sedang berlangsung dari capaian untuk merinci presentasi visuil di dalam dengan gambaran ( dan bunyi;serasi ). Dengan berbagai pertimbangan
drama
 produksi drama pada umumnya mengikuti suatu secara hati-hati merencanakan dimana proses dialog, tindakan, pekerjaan kamera, nampak dan perawatan pencahayaan secara penuh scripted
TEMPAT PERISTIWA
hari ini, produksi televisi dibawah suatu variasi dan kondisi:
  • di dalam suatu studio video / televisi dicoba secara penuh reguler
  • di dalam suatu extemporized studio, menetapkan sudah waktunya kesempatan
  • pada penempatan, suatu bagian dalam/pedalaman ada( seperti suatu gedung pemerintah)
  • pada penempatan, di udara terbuka
masing-masing tempat terjadi peristiwa mempunyai pembatasan dan keuntungan spesifik. walaupun suatu studio mempunyai semua fasilitas yang kita boleh memerlukan, untuk contoh, kita harus menghadapi fakta bahwa tidak ada apapun untuk kesana sampai kita menciptakan satu set beberapa jenis, yang kemudian perlu untuk dihias dan dinyalakan sewajarnya. menjalankan biaya-biaya dalam menyediakan kondisi-kondisi ini dapat pantas dipertimbangkan
pada penempatan, kamu mungkin punya suatu siap- lingkungan yang dibuat di mana untuk menembak, dan barangkali hari terang untuk menyediakan kekuatan penerangan. tetapi ada berbagai permasalahan baru, dari  kondisi variabel cuaca dan  derau latar ke lalu lintas dan penonton.
TELEVISI STUDIO
            Studio dirancang untuk menangani berbagai produksi dengan spekulasi yang terbuka lebar-lebar mereka dan diperlengkapi untuk menggantungkan dan menyediakan kuasa untuk menyalakan menerangi) studio ideal, sebab mereka melindungi produksi dari dampak seperti salju dan hujan, mereka mandiri dari jam, pukul, keadaan baru-baru ini( produksi dapat dinyalakan seolah-olah adalah hari menerangi. Suatu kerlingan pertama, suatu studio mungkin punya rasa pada suatu gudang ditinggalkan. [itu] biasanya sungguh soundproofed dalam rangka menghalangi bunyi yang tak diinginkan dari menjadi perekam pada mikropon program. secara akustis dinding yang diisi; berlapisan juga dirancang untuk mengurangi gema. jika kamu memandang, kamu akan lihat studio telah dirancang dengan suatu kerangka papan atau palang memenjarakan dari pagu langit-langit.
            Yang di-set adalah permanen di dalam studio, atau suatu struktur temporer  yang dibangun untuk suatu pertunjukan spesifik. perabot dan penyangga ditambahkan kepada menyimpan oleh perancang yang di-set. sekali ketika dasar di-set pada tempatnya, suatu pencahayaan anak kapal mulai untuk memposisikan dan melakukan penyesuaian masing-masing lampu pada suatu alur cerita pencahayaan.direktu  menyiapkan dan merancang  pencahayaan. kamera dan bunyi anak kapal, pindah serasi; gerakkan peralatan mereka dari  gudang penyimpanan ke dalam pembukaan posisi, bersiap-siap menghadapi latihan yang akan datang. tindakan mendesak dimana-mana: perlengkapan tugas, pergi rapi, membuat detik terakhir berubah
kepada sejenis waktu cemara- penonton, dengan angkatan perang personil produksi menggelisahkan studio, mereka membuat pekerjaan mereka sendiri, dapat kelihatan seperti kekacauan. bagaimanapun, disana benar-benar suatu sistem pada tempatnya berbagai potongan pekerjaan dari  gergaji produksi ukir berkombinasi untuk menyediakan pertunjukan yang telah direncanakan dan disiapkan. kamera menyediakan yang digunakan mereka dan dilihat pada dinding monitor menyaring didalam suatu kendali
            di dalam jam, produksi akan menyelesaikan latihan, anak kapal sudah mempelajari dan mempraktekkan/berlatih direktur perawatan, pencapaia dengan penuh harapan sudah mencapai puncak mereka, dan program  telah direkam atau dipancarkan. dan kemudian, ini merupakan suatu di-set temporer, keseluruhan di-set nantinya" yang diserang" dan tucked pergi di gudang/penyimpanan atau membuang, peralatan akan disimpan dan dibersihkan. kemudian perubahan kembali ke yang asli" gudang".
TELEVISI STUDIO DALAM PERANG
            sepanjang latihan, pertunjukan sedang dimonitor hanya secara internal. bagaimanapun, jika ini merupakan suatu transmisi hidup, di waktu yang dijadwalkan video studio( gambar-an) dan audio( bunyi;serasi ) isyarat akan  diberi via koordinasi kendali televisi kepada perekam atau dengan seketika kepada pemancar. walaupun menetapkan dapat dimasukkan/disisipi secara elektronis, kebanyakan kedudukan bebas panel siaran warta berita, memasak program, wawancara, dan semacamnya. Menetapkan boleh meliputi ke sana- ruang walled, suatu bagian peristiwa;pemandangan jalan, atau bahkan suatu musim panas berkebun. masing-masing di-set dinyalakan dengan [cahaya/ ringan] disimpan dari pagu/langit-langit, clamped untuk menetapkan, atau genap berkait dengan menjatuhkan posisi.     di samping banyaknya orang-orang yang bekerja di sekitar sepanjang seperangkat produksi, itu sedang melihat bagaimana ketenangan yang pada umumnya adalah. hanya dialogue antara para aktor harus dapat didengar. boneka kamera perlu dengan tenang  dan diam, sebab paling tipis  mikropon, seperti suatu mic yang dipasang atau suatu kenaikan harga mic tiba-tiba , yang digunakan untuk menangkap audio. didalam suatu ruang dekat, suatu mixer audio bertanggung jawab untuk mencampur dan mencampur berbagai tingkatan audio,
TELEVISI STUDIO KENDALI TINGGAL
Televisi studio kendali  Ruang, dikenal sebagai suatu galeri diEropa, menemani dengan suatu pendukungan menggolongkan, mengendalikan produksi. kebanyakan kontrol ruang terbagi-pagi ke dalam ruang terpisah atau area. bagaimanapun, ada ruang kendali lebih kecil , menggabungkan uang operasi ini ke dalam area. Suatu ruang kendali besar mempunyai lebih ruang dan flexibelas, tetapi memerlukan lebih banyak orang. directur dapat mempunyai kepada banyak orang yang  berusaha untuk mendapatkan perhatiannya ruang terkendali. Tentu saja, ini adalah kelompok orang utuh   di dalam studio. bagaimanapun, didalam kendali tinggal direktur harus meninjau ulang grafik, mendengarkan assistent direktur, dan bereaksi terhadap audio personel, video sader, playback, tecnical direktur, dan produsen. direktur pada umumnya duduk di kendali televisi tinggal- walaupun kadang-kadang sitcom para direktur menyukai untuk;menjadi ke luar di (dalam) studio- menyaksikan suatu kelompok besar monitor video hubungi dinding monitor
perhatian direktur dibagi antara berbagai monitor masukan, keluaran yang terpilih pada terpasang- monitor udara, dan audio program suatu pengeras suara dekat tergantung pada ukuran dari  produksi, ada berbagai personil lain yang dilibatkan didalam produksi, seperti pencahayaan direktur, produser, dan seterusnyaefek khusus special akan ditambahkan, jika pertunjukan hidup dan sedang direkam, mungkin saja lebih menyenangkan untuk meinggalkan semua video effec dan manipulasi gambaran sampai suatu postproduction sesi rathet dibanding mereka mencobanya selama produksi.
Sejauh kamera terkait, masing-masing studio kabel/telegram kamera ditaklukkan via suatu saluran dinding ke CCU terpisah nya( Kamera mengendalikan unit)., di mana suatu video perator memonitor gambar-an berkwalitas, mengecek dan menyesuaikan peralatan video sebagaimana diperlukan. operator video juga bertanggung jawab untuk warna mengoreksi perekam dan sumber santir lainpertandingan( saldo/timbangan warna, ekspose, dan kontras) dengan kamera . operator video biasanya memonitor berbagai sumber pada waktu yang sama. video ini ditempatkan pada  posisi operator.  yang di dalamnya terdapat seorang kendali guru dekat tinggal atau di dalam pengendalian produksi tinggal [dirinya] sendiri.drama kompleks dan produksi berbakat musik memerlukan suatu mixer audio yang tidak hanya mempunyai suatu yang baik ditelinga hanyalah  sebagian besar ketrampilan dan merobek- scond operasi. sumber berikutnya yang meliputi tidak hanya berbagai mikropon studio tetapi cakram, video dan audio yang merekam, dan remote. Di sekali waktu, mixer audio memandu bunyi anak kapal. serasi pada lantai studio dengan penggunaan komunikasi antar bagian.
JASA DAN PENDUKUNGAN AREA
Kebanyakan studio mempunyai berbagai penyimpanan dan jasa layanan facillas yang membantu didalam yang lembut berlariannya hari- untuk- produksi hari. skala dan ukuran mereka bertukar-tukar, tetapi studio [yang] secara khas mempunyai berikut:
  • makeup tinggal( untuk/karena individu makeup- pekerjaan pembetulan program)
  • Suatu ruang hijau dengan ruang rehat;toilet di mana orang-orang dapat menunggu selama retakan produksi.
  • kamar ganti (jika pemain sandiwara dapat berpakaian, beristirahat, dan menunggu panggilan mereka)
  • penyangga dan menetapkan [ruang;spasi] [gudang/penyimpanan]
  • stroage teknis: semua tecnical peralatan yang jinjing dipondokkan di sini siap untuk penggunaan segera, seperti gunung kamera. pencahayaan roda gigi, peralatan audio, monitor, kabel, dan seterusnya. ini tidak hanya membantu ke arah melindungi peralatan, lantai studio bersih
FASILITAS PRODUKSI REMOTE
            yang dibandingkan ke studio, produksi remote harus menghadapi suatu banyak sekali berbagai kesulitan, seperti berhadapan dengan perubahan cuaca, memarkir unit dengan remote, tempat peristiwa nonproduction personil tidak boleh memahami operasi suatu remot anak kapal, electical menggerakkan dan audio tak dikehendaki. bagaimanapun, sangat tidak bisa terjadi didalam suatu studio televisi, unit gesit telah dirancang untuk pergi di jalan. mereka sangat cepat, diri- pengendalian produksi televisi yang dimasukkan tinggal. pada dasarnya, mereka menjadi sama halnya ruang kendali  ditemukan di dalam studio
TRUK PRODUKSI YANG REMOTE
            truk remote, kadang-kadang disebut OB( Siaran Di luar) atau truk produksi, menjadi yang terakhir didalam kendali tinggal. unit ini tidak hanya berisi ruang kendali, tetapi juga penyimpanan untuk kamera, mikropon, dan peralatan produksi lain yang berhubungan Walaupun truk yang remote boleh meliputi area yang sama sebagai ruang kendali studio, mereka biasanya jauh lebih kompak. Unit ini dapat mengambil banyak ukuran dan bentuk berbeda, dari 12 bagi  53 kaki panjang/lama- semua tergantung pada kebutuhan.
FLYPACK JINJING KENDALI TINGGAL
Unit remote tidak selalu harus terdapat di suatu truk: kadang-kadang mereka masuk peti kayu, atau kendali jinjing tinggal bahwa dapat dikirimkan ke dalam suatu penempatan, dapat mengambil sejumlah bentuk berbeda. walaupun suatu sistem kecil bisa merupakan suatu sederhana- menambah unit, ini biasanya suatu costum- order;pesanan satuan peralatan yang dapat mengijinkan kamu kemanapun. 
PRODUKSI TOMBOL
 produksi tombol mengijinkan direktur untuk mengedit  antara berbagai sumber program( kamera, grafik, satelite makanan, dan playback unit). alat-alat transisi yang utam adalah :
 Yang Memotong Atau Ambil. perubahan tiba-tiba ini dari gambar kepada yang lain   menjadi transisi yang paling digunakan selama produksi, telah dikatakan bahwa 99% dari semua transisi memotong.
 Mecahkan. memecahkan perubahan berangsur-angsur dari gambaran kepada yang berikutnya dan pada umumnya digunakan untuk menunjukkan suatu perubahan penempatan atau waktu.
 Sekaan. sekaan adalah suatu transisi roman yang dapat mengambil banyak differnt bentuk. lihat menunjukkan suatu perubahan waktu, pokok, atau penempatan. walaupun sekaan dapat berbentuk minat atau kesenangan didalam urutan tunas, dapat dengan mudah overused.
 Fide:. suatu yang menandakan atau  memecahkan ke transis atau dari hitam
SEKAAN
            menggunakan sebagai suatu trasition unik antara gambaran berikutnya pada tombol, dapat fleksibel. kebanyakan medium dan yang lebih tinggi- akhir tombol mengijinkan sekaan untuk customized.
 walaupun hasil selalu geometris, kamu dapat merubahnya dalam beberapa jalan.
  • mempola ukuran dapat disesuaikan - [dikontrak/dipendekkan] atau yang diperluas.
  • pola bentuk teladan dapat disesuaikan. sebagai contoh, suatu penyiku dapat dibuat segi-empat; suatu lingkaran dapat menjadi suatu bentuk lonjong.
  • pola teladan dapat di bingkai: atas/ bawah, benar, secara diagonal.
kamu dapat mengendalikan kecepatan di mana ber;ubah atau pindah;gerakkan, menggunakan suatu potensio meter mengungkit atau suatu autowipe tombol.
  • simetri dari  pola teladan dapat disesuaikan.
  • pola teladan tepi dapat dibuat dengan keras( tajam/jelas) atau lembut( yang dihamburkan). jika sumber adalah inte diswitch dengan segera, akan ada suatu devision digambarkan.
  • Suatu perbatasan dapat ditempatkan di sekitar suatu pola teladan memasukkan/menyisipkan, didalam hitam, dan putih, atau warna'



CHOMA-KEY
 suatu pilihan penting pada switchers adalah charoma- key. charoma- key mengijinkan direktur untuk memasukkan/menyisipkan satu sama lain. mempunyai endls aplikasi, terutama ketika dikombinasikan dengan efek video lain, chroma-key dapat menirukan total kenyataan atau menciptakan gaib, menyesuaikan mode, menghias dusplays.( informasi penambahan mengenai chroma- kunci yang sebetulnya menetapkan disiapkan dalam bentuk bab 13.) untuk dekade chroma- key telah digunakan untuk menyisipkan tindakan studio " ke dalam" foto, grafik, dan gambaran video. telah digunakan dalam semua jenis produksi dari wawancara ke opera, dari" komedi stambul" ke pertunjukan musik yang hebat berbakat musik, dari pertunjukan anak kambing ke diskusi serius, dan dari siaran warta berita kecuaca yang meramalkan. peluang nampak tidak terhingga. sekalipun chroma- key telah sebagian besar digunakan suatu teknik secara kebetulan- atau untuk menyediakan " muslihat gaib" disana telah menjadi sejumlah pertimbangan untuk ini.
  • beberapa para direktur dan para aktor merasakan gelisah ketika dihadapkan dengan suatu strudio yang berisikan latar belakang biru dan lantai, potongan permai aneh, dan suatu menyebar mebel
  • bekerjasama dengan chroma- key  dan menetapkan memerlukan perencanaan mengantisipasi jika itu diharapkan antisipasi untuk kesuksesan
  • dengan sembarangan ditangani, chroma- cey produksi dapat mengkonsumsi waktu latihan,
peluang untuk chroma- key tak ada akhirnya. tetapi kamu harus menerapkan chroma- key secara hati-hati, mengingat pembatasan dan permasalahan nya, jika kamu menginginkan , hasil akurat Ketika menyiapkan  suatu susunan chroma- key, mulai dengan pemeriksaan chroma- bagian penting dan pokok pantas adalah :
  • menjadi warna dari  beckground sesuai? idealnya, beckground yang hijau( dan lantai, jika perlu) harus dari suatu bahkan keseluruhan nada chroma - key hijau. warna populer digunakan yang lain  di (dalam) chroma- key biru. beberapa sistem jadilah lebih mewarnai- kritis dibanding yang lain.
  • permukaan penyeteman harus datar dinyalakan. jika mereka bertukar-tukar di dalam terang, akan jadi sukar untuk melakukan penyesuaian klip mengukur dengan tepat. memelihara bayang-bayang dalam menimpa chroma- key permukaan biru atau hijau

PERGERAKAN YANG DISAMAKAN DENGAN [yang] DI-SET YANG SEBETULNYA
 Dalam rangka menggunakan suatu bergerakkan atau kamera yang menanjak selama suatu produksi yang menggunakan suatu  di-set sebetulnya, perumpamaan yang dimasukkan suatu kebutuhan pindah ke sinkronisasi dengan kamera. cara lainnya, yang di-set ( beckground) akan tinggal bertahan ukuran yang sama, bukan masalah kamera yang mana   digunakan, yang mana menciptakan suatu [yang] sangat tak realistis- pemandangan situasi di-set. beberapa dari suatu servo mata rantai diperlukan untuk memastikan bahwa kedua-duanya beroperasi di dalam tepat synchronism. kemudian, seperti gerak kamera, perubahan sebanding akan dilihat di kedua-duanya pokok dan beckground menggambar. yang dikombinasikan mengakibatkan gabungan dengan sepenuhnya realistis. informasi tepat diperlukan tentang posisi lantai kamera, tingginya, tembak menembak penjuru/sudut, dan lensa angele dan harus diberi ke dalam suatu komputer, dengan selalu berhubungan penyesuaian beckground sumber. genap sedikit perubahan dalam pokok materi kamera memerlukan keseluruhan beckground membayangkan dengan segera dihitung kembali dan menarik menuju bersesuaian jika gabungan dapat diciptakan secara palsu untuk tingkatkan ini ditembak. suatu pajangan photografi, atau tiga satuan- contoh skala dimensional, atau komputer- latar belakang taxi yang dihasilkan digunakan.
BAGAIMANA CARA KERJA TELEVISI
            Prof Marshall Brain, menyatakan bahwa : “jika membagi sebuah gambar kesunyian sampai penenpatan ke titik terkecil, otak kamu mengagumkan akan mengumpulkan titik-titik sampai sebiah gambar yang penuh arti yang membuat televise menjadi nyata”
Istilah
720P : format HDTV itu adalah 720 garis pengamatan dan menggunakan pengamatan progresif format 720P adalah terbaikn untuk pengamatan gerak cepat
1080i : format HDTV 1080i itu adalah garis pengamatan yang menggunakan system jalinan pengamatan. Format 1080i ini gambar lebih tajam dari format 720P
1080P : forma HDTV 1080P itu garis pengamatan yang menggunakan system pengamatan progresif.
CCD (sepasang alat muatan perlengkapan) : type gambar yang tepat yang dapat di lihat bagus dengan menggunakan  kamera.
1.      Sinyal Video
Gambar dari lensa adalah titik api dari sebuah gambar yang terlihat dengan gambar video. Ini biasanya sebuah sepasang alat perlengkapan muatan(CCD) atau sebuah yang melengkapi logam-okside sebagian penglihatan. CCD ada;ah chip murni yang digunakan sejak bioskop dari pipa di kamera.
2.      Cahaya dan naungan
Walaupun terlihat dan menyediakan saringan jarak warna penuh untuk gambar televisi. Apa tentang cahaya dan naungan dan macam-macam kecermelangan? Jika itu merah, hijau, dan biru adalah bersama-sama mereka putih.
3.      Distribusi signal
Beberapa kamera menciptakan sinyal menggunakan sandi khusus itu semua warna salah dan informasi kecerdasan sampai sinyal dapat di distribusikan pada sinyal bersandi harus ada kode pada penerima dan memilkiki salinan sinyal warna di monitor
GAMBAR TELEVISI
   Hal-hal yang perlu di perhatikan pada gambar televisi adalah :
a.       Perincian gambar
Semua system video memilki batas maksimum untuk banyaknya perencanaan yang dapat di sampaikan
b.      Nada Gambar
Meskipun nada gambar tidak jelas di gambar sebagian besarnya jarak nada di system televise itu dapat dibuat secara normal dengan menggunakan pengamatan murni